Beranda > biologi > Berapa panjang usus kita?

Berapa panjang usus kita?

Kebanyakan dari kita hanya mempunyai gambaran samar-samar bahwa di dalam tubuh terdapat bergulung-gulung usus, lorong yang menakjubkan di mana makanan lewat dalam proses pencernaan. Tetapi hanya sedikit orang yang mengerti bagaimana cara kerja mereka.
Panjang usus besar pada binatang tergantung pada jenis makanan yang mereka makan. Binatang pemakan daging mempunyai usus yang lebih pendek kerena lebih sedikit pencernaan yang harus dilakukan. Makanan sumber hidup mereka sudak separuh tercerna. Manusia yang hanya makan sayur-sayuran seharusnya mempunyai usus yang lebih panjang daripada manusia pemakan daging.

Panjang usus menusia sekitar 3 meter. Tapi kalau manusia mati, usus kehilangan keelastisanya dan memanjang menjadi 8,4 meter.
Pada umumnya dinding usus terdiri dari serabutĀ  otot, jadi usus dapat mencerna makanan yang lewat didalamnya. Usus mencampur makanan dengan sekresi tertentu dan kemudian meneruskanya. Untuk melakukan hal ini, usus halus mengandung lubang yang tak terhitung jumlahnya. Setiap lubang menahan sedikit makanan dan mengerjakannya, mengaduknya dan mencernakanya selama sekitar 30 menit. Lalu makanan itu diteruskan ke lubang selanjutnya.
Untuk membantu proses pencernaan ini, dinding usus halus mengandung sekitar 20.000.000 kelenjar kecil. Kelenjar ini mengeluarkan sekitar 5 sampai 10 liter getah lambung ke dalam usus! Ini membasahi dan melembutkan makanan sehingga ketika masuk kedalam usus besar sudah menjadi setengah cair.
Kalau kau melihat dinding usus dengan kaca pembesar, kau akan melihat bahwa usus tidak licin tapi seperti beledu. Usus dilapisiĀ  bulu kecil yang disebut villi. Villi ini memberitahu kelenjar kapan harus mengeluarkan getah. Dan juga membantu pencernaan.
Makanan yang tidak dapat dicerna oleh getah lambung, dicernakan di usus besar oleh bakteri yang hidup disana. Ini dikenal dengan putrefaksi.
About these ads
Kategori:biologi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: