Beranda > kimia > bagaimana atom bisa meledak?

bagaimana atom bisa meledak?

buat kamu yang pegen tau gimana sih atom bisa meledak? berikut saya jelaskan
Kalau sebuah atom sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat, bagaimana ia bisa meledak ? Dan bagaimana ledakan ini menghasilkan bom yang sangat mengerikan yang dikenal manusia.
Sebenarnya apa yang kita katakan dengan ledakan atom adalah energi. Energi datang dari zat. Energi dan zat adalah dua hal berbeda yang menghasilkan segala sesuatu di alam semesta dan membuat semuanya dapat terjadi.

Zat terbuat dari atom, dan setiap atom di dalam partikelnya mempunyai energi. Energi menjaga bagian-bagian dalam atom menjadi satu. Energi ini sangat besar, sehingga kalau dibebaskan dapat menghasilkan kekuatan yang luar biasa. Sebagai contoh energi yang dikeluarkan oleh sekitar setengah kilogram uranium (uranium-235) lebih besar dari pada energi yang dilepaskan dengan membakar 1.300.000 kilogram batu bara.
Bagaimana kita membuat atom mengaluarkan energinya? Kita harus mencapai inti atom yang menjadi pusat energinya. Kita melakukan hal ini dengan memisahkan atom. Proses ini disebut “fissi.”
Bagaimana caranya? Dengan menembak atom  dengan neutron dari atom lain. Neutron adalah partikel didalam atom. Tapi ini tidak terjadi dengan menembaj neutron apa saja. Dalam beberapa kasus, hanya sejumlah kecil energi yang dilepaskan. Tetapi kalau uranium-235 ditembak dengan neutron, sejumlah besar energi dilepaskan.
Tetapi energi itu hanya dari satu atom. misalkan kita ingin banyak atom melepaskan energinya pada saat bersamaan? Ini dilakukan dengan apa yang disebut “reaksi berantai.” dengan mempunyai uranium dalam jumlah tertentu sebagai target, dan menembaknya dengan neutron, kita dapat menjadikan hal ini terjadi: karena satu atom uranium-235 terbelah dan melepaskan sebagian dari  neutronnya, neutron ini akan mengenai inti atom lain, dan seterusnya. Dalam sepersekian detik, sejumlah besar energi akan di-lepaskan dan kita akan mendapatkan “ledakan.”
 > jika anda merasa informasi diatas tidak benar silahkan komentari kiriman ini.
Kategori:kimia
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: