Beranda > astronomi > apakah planet dapat bertabrakan?

apakah planet dapat bertabrakan?

Kalau kita memandang ke langit dan melihat bintang-bintang dan planet-planet memenuhi angkasa, mungkin kita berpikir apakah suatu hari mereka akan bertabrakan. Tapi untunglah, hal ini kemungkinan besar tidak terjadi.

Maka marilah kita membayangkan bahwa kepalamu adalah matahari. Kepalamu menjadi pusat banyak cincin dalam berbagai ukuran. Cincin-cincin ini adalah orbit dimana planet bergerak mengelilingi matahari.
Dengan kepalamu sebagai pusatnya. Merkurius, yang berada di cincin terdekat, jaraknya 60 meter darimu! Ukurannya kurang lebih sebesar titik di akhir kalimat ini. (ingatlah ukuran kepalamu adalah ukuran matahari.) venus bergerak di cincin kedua sejauh 117 meter, dan kurang lebih seukuran huruf “o.” di cincin ketiga adalah

platen kita sendiri, bumi, seikit lebih besar dari Venus. Jaraknya 162 meter dari kepalamu (sebenarnya 149.637.000 km dari matahari.)

Di cincin ke empat adalah Mars, lebih kecil dari bumi, dan jaraknya 246 meter. Lalu kita sampai ke Jupiter, planet terbesar. Kalau ukuran matahari adalah kepalamu, jupiter kurang lebih sebesar kelereng, den jaraknya dari kepalamu adalah sejauh panjang lapangan bola! Di cincin keenam adalah saturnus, diameternya 1,27 cm, dan jaraknya hampir satu kilometer.
Uranus, diameternya 1/2 cm, jaraknya hampir dua kilometer. Neptunus, sedikit lebih kecil daripada Uranus, hampir tiga kilometer. Dan pluto, kira-kira setengah ukuran bumi hampir 4 kilimeter. Karrna setiap planet bergerak di orbitnya tanpa pernah berubah, maka kalian bisa mengerti mengapa mereka mustahil saling bertabrakan.
Kategori:astronomi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: