Beranda > astronomi > apa itu tahun cahaya?

apa itu tahun cahaya?

Walaupun kita tidak dapat sepenuhnya menjelaskan cahaya, kita dapat mengukurnya dengan cukup tepat. Kita mengetahui berapa cepat kira-kira cahaya bergerak. Karena tahun cahaya hanyalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun perjalanan, penemuan yang sesungguhnya adalah pengukuran kecepatan cahaya itu.
Hal ini dilakukan oleh astronom Denmark bernama Olaus Roemer pada tahun 1676. Ia menyadari bahwa gerhana pada salah satu satelit (seperti bulan) muncul semakin lambat saat bumi bergerak di orbitnya ke arah yang berlawanan dengan matahari  dari orbit yang diisi jupiter. Kemudian, saat bumi kembali ke posisinya semula, gerhana itu akan kembali teratur.
Perbedaan waktu itu bertambah kira-kira 17 menit. Ini hanya berarti bahwa cahaya memerlukan waktu

selama itu untuk bergerak sejauh diameter orbit bumi. Jarak ini sudah diketahui jauhnya 299.274.000 km. Kerena diperlukan 1000 detik (hampir 17 menit) untuk melintasi jarak ini, berarti kecepatan cahaya, kurang lebih 300.000 km per detik.

Dalam jaman kita, profesor Albert Michelson menghabiskan bertahun-tahun untuk menemukan berapa tepatnya kecepatan cahaya. Dengan menggunakan metode yang berbeda, ia sampai pada kesimpulan 299.739 km per detik, dan sekarang kecepatan ini dianggap cukup akurat.
Kalau kita mengalikan kecepatan perdetik ini dalam satu tahun, kita menemukan bahwa cahaya bergerak 9.460.920.000.000 km setahun, dan inilah yang disebut 1 tahun cahaya
Kategori:astronomi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: