Beranda > astronomi > berapa usia bumi?

berapa usia bumi?

Tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini. Sejak jaman purba, manusia sudah mengira-ngira usia bumi, dan terdapat berbagai legenda dan mitos yang tampaknya memberikan jawaban. Tapi manusia tidak memikirkan jawaban yang ilmiah sampai sekitar 400 tahun yang lalu.

Pada saat itu sudah terbukti bahwa bumi berputar mengelilingi matahari sehingga para ilmuwan mengetahui darimana mereka harus mulai. Untuk menemukan umur bumi, mereka harus mangetahui bagaimana tatasurya dilahirkan. Bagaimana terjadinya matahari dan semua planet-planetnya?
Salah satu teori disebut hipotesis nebula atau teori kabut asal. Menurut teori ini, suatu saat dulu pernah ada gas putih panas dalam jumlah yang sangat besar berputar putar di angkasa, dan semakin lama semakin kecil

dan semakin panas.  Saat awan gas itu semakin kecil, ia mengeluarkan cincin gas. Setiap cincin ini membeku dan menjadi planet, dan selebihnya berada di tengah dan menjadi  matahari.

Salah satu teori disebut hipotesis nebula atau teori kabut asal. Menurut teori ini, suatu saat dulu  pernah ada gas putih panas dalam jumlah yang sangat besar berputar-putar di angkasa, dan semakin lama semakin kecil dan panas. Saat awan gas itu semakin kecil, ia mengeluarkan cincin gas. Setiap cincin ini membeku dan menjadi planet, dan selebihnya berada di tengah dan menjadi matahari.
Penjalasan yang lain disebut teori planetesimal. Menurut teori ini, berjuta-juta tahun yang lalu, terdapat massa yang sangat besar yang terbentuk dari benda-benda kecil dan padat disebut planetesimal. Dengan matahari di pusatnya. Sebuah bintang besar datang dan menarik matahari, sehingga sebagian matahari pecah. Pecahan ini mengumpulkan planetsimal yang kecil-kecil itu, sehingga menjadi planet.
Teori mana pun yang benar; para astronom mengira semua itu mungkin terjadi sekitar 5.500.000.000 tahun yang lalu! Tapi ilmuwan lain selain para astronom telah mencari jawaban dari pertanyaan ini.  setelah semua penelitian mereka, para ilmuwan sependapat dengan para astronom: Umur bumi kurang lebih 5.500.000.000 tahun.
Kategori:astronomi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: