Beranda > astronomi > definisi asteroid

definisi asteroid

Penemuan berbagai benda angkasa seringkali mirip dengan penyelesaian sebuah misteri. Dan begitulah asteroid ditemukan.
ceres
Dua orang, Titus dan Bode, pada saat yang berbeda mengatakan bahwa pasti ada planet antara Mars dan Jupiter; karena ada ruang kosong yang sangat besar diantara keduanya. Maka beberapa astronon berusaha mencari planet ini.
Pada tahun 1801, sebuah planet benar-benar ditemukan di sana. Planet itu dinamai ceres, tetapi itu adalah planet yang sangat kecil, diameternya hanya 772 km. Maka, mereka menganggap bahwa itu hanyalah satu dari sekelompok planet kecil dan pencarian dilanjutkan.
Semakin lama, semakin banyak planet yang ditemukan. Yang paling terang hanya seukuran 1/2 planet Ceres. Para astronom memutuskan bahwa planet yamg lebih besar pasti meledak dan menyisakan 4 potongan kecil ini. Tapi setelah 15 tahun mencari, seorang astronom menemukan lagi sebuah planet kecil, dan ini membuat perburuan dimulai lagi.
Pada tahun 1890, 300 planet kecil telah ditemukan, dan antara 1890 dan 1927, 2000 planet telah ditemukan! Planet -planet kecil ini semuanya mengelilingi matahari di daerah antara Mars dan Jupiter dan disebut asteroid.
Untuk menunjukkan betapa kecilnya mereka, 195 dari mereka mempunyai diameter lebih dari 98 km; 502, antara 33,7 sampai 98 km; 193 antara 16 dan 40 km, 22 diantaranya mempunyai diameter kurang dari 16 km!
Kalau massa semua asteroid ini dijumlahkan, maka hanyalah 1/3.000 massa bumi. Maka, seandainya semua asteroid ini bersatu, mereka tetap hanya menjadi planet yang tak berarti.
Sedangkan tentang bagaimana astoroid terbentuk, teorinya adalah satu satelit Jupiter meledak dan menjadi potongan-potongan ini.
Kategori:astronomi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: