Beranda > astronomi > Berat Udara?

Berat Udara?

Kebanyakan dari kita menganggap udara sebagai sesuatu yang “tidak ada”, tapi sebenarnya udara adalah “sesuatu,” kalau terbuat dari gas ter­tentu. Gas tidak mempunyai bentuk atau ukuran yang pasti. Gas mengisi ruang.

Lapisan udara yang sangat besar menutupi bumi kita dan tebalnya sampai beberapa kilometer dan tertahan serta tertarik oleh gravitasi bumi. Jadi udara mempunyai berat. Dan karena udara ada di mana-mana di sekeliling kita, udara menambah berat pada segala sesuatu yang diisi­nya. Sebagai contoh, ada sejumlah kecil udara di dalam bola voli. Kalau kau menimbang dua bola semacam itu, dan salah satu bola dikempiskan, maka bola yang kempis itu akan lebih ringan.
Berat udara meningkatkan tekanan. Udara menekan ke segala sisi, seperti juga air kalau kau berada di dasar lautan. sejumlah besar udara menekan bumi sangat keras dengan tekanan 7,35 kg per satu inci persegi
6,452 cm persegi), atau kasarnya 7,5 kg. 7,5 kilogram adalah berat udara setiap 1 inci persegi yang berkurang semakin tinggi udara. Telapak tanganmu kurang lebih seluas 12 inci persegi atau 77,4 cm persegi. Bayangkan 7,5 x 12, atau 90 kg, semua berada di atas telapak tanganmu! Alasan mengapa kau tidak merasakan sama sekali adalah udara di bawah tanganmu juga menekan dengan ke­kuatan yang sama. Terdapat 300 kg tekanan pada kepalamu. Tapi kepala­mu tidak pecah karena di dalam tubuhmu juga terdapat udara yang menekan ke luar.
Semakin tinggi kau berada (misalnya di puncak gunung), semakin berkurang udara di atasmu, maka tekanannya juga berkurang. Pada ke­tinggian 6.000 meter, tekanan udara hanya 3,2 kg per satu inci persegi. Pada ketinggian 10.000 kaki, tekanannya 5,08 kg per inci persegi. Kalau kau dapat mencapai ketinggian 62 mil di atas bumi, maka hampir tidak ada lagi tekanan,
Kategori:astronomi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: