Beranda > kimia > kekuatan luar biasa dari es

kekuatan luar biasa dari es

Banyak mahasiswa yang masuk di universitas mengeluh, “Mengapa aku harus mempelajari fisika dan ilmu alam. Aku tidak akan pernah mengguna­kannya.” Tentu saja mereka sangat salah tentang “tidak menggunakan” fisika dan ilmu alam. Kenyataannya sadar atau tidak, kita sangat sering menggunakan hukum-hukum fisika setiap hari dalam kehidupan kita.
Setiap orang yang tinggal di daerah yang menjadi sangat dingin pada musim salju akan mengetahui bahwa is harus memasang anti beku pada radiator mobilnya, dan menutup pipa-pipa kosong yang dapat kemasuk­an air. Ia tahu kalau la tidak melakukannya, radiatornya akan retak dan pipa mungkin akan pecah. Hukum fisika menerangkan mengapa hal itu terjadi.
Contohnya begini, kebanyakan zat ketika berubah dari cair menjadi padat, maka zat itu mengerut. Tapi sebaliknya dengan air! Air tidak mengerut melainkan memuai. Dan bukan hanya jumlahnya yang me­muai, tapi juga volumenya sebanyak sekitar 1/9 kali.
Artinya kalau kau mulai dengan Sembilan puluh cc air dan air itu membeku, maka kau akan mendapatkan 100 cc es bate! Nah, sekarang bayangkan bahwa 100 cc es memerlukan lebih banyak ruang daripada 90 cc air. Tapi pipa radiator dan pipa air tidak dapat memuai. Maka tidak akan ada ruang lagi. Maka, ketika air membeku, air berusaha mencari ruang sendiri dengan meretakkankan pipa.
Salah satu hal yang menakjubkan tentang proses alam adalah kekuat­annya yang sangat besar. Pipa dibuat dari logam yang sangat kuat, seperti kautahu. Di tempat-tempat seperti Finlandia, kekuatan ini dimanfaatkan manusia
Beginilah cara mereka melakukannya. Di tambang penggalian, me‑
reka mengisi retakan batu dengan air dan membiarkannya membeku.bertindak sebagai baji dan melepaskan batu-batu,
supaya batu-batu yang besar itu pecah oleh kekuatan pembekuan!
Walaupun es memerlukan lebih banyak ruang daripada air, es lebih
ringan daripada air dan mengapung di dalamnya. Inilah alasannya meng­apa air yang banyak (misalnya di dalam kolam atau danau) tidak pernah membeku seluruhnya. Lapisan es di atas melindungi air di bawahnya.
Kategori:kimia
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: