Beranda > astronomi > Apakah Galaksi Bimasakti Itu?

Apakah Galaksi Bimasakti Itu?

kemungkinan besar tidak ada sesuatu yang lebih misterius dan kelihatan menakjubkan di langit selain dari galaksi bimasakti, yang membentang seperti untaian permata dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lainnya. Pada zaman purba, ketika orang-orang memandang pertunjukkan yang besar ini, mereka dipenuhi perasaan kagum akan keindahannya sama seperti kamu. Tetapi karena mereka tidak benar-benar mengetahui apakah itu, mereka menyusun segala macam penjelasan yang aneh dan indah tentang galaksi Bimasakti.
Misalnya, pada zaman orang Kristen mula-mula, orang-orang menganggap bahwa galaksi Bimasakti adalah jalan setapak untuk para bidadari, sehingga mereka dapat naik ke surga melaluinya. Atau mereka membayangkannya sebagai suatu lubang di surga, sehingga kita yang berada di bumi ini secara sepintas lalu dapat melihat kemuliaan yang ada di belakangNya.

Mengetahui kenyataan tentang galaksi Bimasakti, sebagaimana yang kita ketahui sekarang, tidak menghilangkan kekaguman kita terhadapnya. Kenyataan-kenyataan itu sama menakjubkannya seperti setiap gambaran yang “dibuat-buat”!

Galaksi kita dibentuk secara kasar seperti sebuah jam tangan, bundar dan datar. Jika kamu dapat naik di atasnya dan melihat ke bawah, galaksi itu akan tampak seperti sebuah jam tangan yang luar biasa. Tetapi kita sekarang berada di dalam galaksi ini, dan ji

ka kita melihatnya ke atas berarti kita memandang ke arah tepi dari dalam “jam tangan” itu. Jadi, kita melihat tepi yang mengelilingi kita itu. Dan karena terdapat jutaan bintang di dalamnya, kita melihat galaksi itu sebagai Bimasakti.

Tahukah kamu bahwa terdapat paling tidak 3.000.000.000 bintang di dalam galaksi itu? Dan inilah gambaran tentang ukurannya. Akan memerlukan waktu selama delapan menit bagi cahaya dari matahari untuk mencapai bumi. Akan memerlukan waktu kira-kira 27.000 tahun bagi cahaya yang ada di pusat galaksi untuk mencapai matahari!

Galaksi berputar pada pusatnya seperti sebuah roda. Dari posisi kita di dalam galaksi, akan memerlukan waktu kira-kira 200.000.000 tahun hanya untuk membuat satu putaran!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: