Beranda > biologi, Uncategorized > Apa yang Membuat Kita Merasa lapar?

Apa yang Membuat Kita Merasa lapar?

Jika kita memerlukan makanan, tubuh kita mulaimenginginkannya. Tetapi bagaimana kita mengetahui bahwa kita merasa “lapar”? Bagaimana pikiran kita memperoleh pesan dan membuat kita merasa “lapar”?
Rasa lapar tidak ada hubungannya dengan perutyang kosong, sebagaimana yang diyakini oleh kebanyakan orang. Seorang bayi dilahirkan dengan perut kosong, namun ia tidak merasa lapar selama beberapa hari. Orang-orang yang sakit atau demam sering kali mempunyai perut yang kosong tanpa merasa lapar.
Rasa lapar dimualai ketika bahan-bahan gizi tertentu hilang di dalam darah. Ketika pembuluh-pembuluh darah kekurangan bahan-bahan ini, sebuah pesan dikirimkan ke bagian otak yang dinamakan “pusat rasa lapar”. Pusat rasa lapar ini bekerja seperti sebuah rem di perut dan usus. Selama darah memperoleh makanan yang memadai, pusat rasa lapar memperlambat gerakan perut dan usus. Ketika makanan hilang dari darah, pusat rasa lapar membuat perut dan usus menjadi lebih aktif. Itulah mengapa seorang yang lapar sering kali mendengar perutnya
“keroncongan”.
Ketika kita lapar, tubuh kita tidak menginginkanjenis makanan khusus, melainkan hanya menginginkan makanan. Tetapi selera makan kita melihat makanan itu sehingga kita tidak memuaskan rasa lapar kita hanya dengan satu macam makanan, yang mungkin tidak sehat. Misalnya, sulit bagi kita untuk memakan sejumlah tertentu makanan yang semuanya dalam bentuk kentang. Tetapi jika kita makan sup sampai kita merasa cukup, kemudian dagingdan sayur-sayuran sampai kita merasa cukup, kemudian makanan pencuci mulut sampai kita merasa cukup, kita dapat memakan jumlah makanan yang sama dan menikmatinya!
Berapa lama kita dapat hidup tanpa makanan? Itu bergantung pada masing-masing individu. Seseorang yang sangat tenang dapat hidup lebih lama tanpa makanan daripada seorang yang bergairah karena protein yang disimpan di dalam tubuhnya digunakan secara lebih lambat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: