Beranda > fakta unik > 5 Komedian Termahal Indonesia, Layakkah Mereka?

5 Komedian Termahal Indonesia, Layakkah Mereka?

Dunia hiburan (entertainment) rasanya tidak bisa dilepaskan dari profesi yang satu ini. Anda boleh menyebutnya sebagai pelawak. Namun di sini saya lebih senang menyebutnya sebagai komedian. Makna komedian lebih luas menurut saya. Seorang komedian lebih multy-talented dan lebih serba bisa dibandingkan dengan seorang pelawak.

Lalu, siapa sajakah yang layak digolongkan sebagai komedian (sejati) ? Anda boleh menyebutkan beberapa nama yang anda anggap memenuhi kriteria sebagai seorang entertainer sejati. Di sini saya punya 5 nama. Sebagian besar dari mereka mengawali karir sebagai pelawak (spesialis pentas). Sisanya (1 orang) ternyata tidak punya basic sebagai pelawak, namun akhirnya menjelma menjadi seorang komedian yang sangat populer saat ini.

Siapa sajakah kelima komedian tersebut? Sebelum saya sebutkan, saya ingin memberi kabar, bahwa kelimanya saat ini tergolong sebagai 5 komedian termahal Indonesia ! Wow… tepuktangan Ini menurut versi acara On The Spot yang ditayangkan oleh Trans7 pada hari Rabu 11 Maret 2009 kemarin.

Kelimanya saat ini memang sedang laris-larisnya. Ada muka lama. Ada pula wajah baru yang sedang naik daun. Siapa sajakah mereka?

1. Tukul Arwana

Komedian yang satu ini memang luar biasa. Mempertahankan kualitas lelucon dalam jangka waktu beberapa tahun sebagai presenter acara Bukan Empat Mata bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun Tukul ternyata mampu melakukannya. Salut! tepuktangan Sampai tulisan ini saya tulis, daya tarik Tukul sebagai komedian belum menunjukkan tanda-tanda untuk memudar. Lelucon Tukul Arwana ketika membawakan acara Empat Mata masih mampu mengocok perut para penonton (termasuk saya tentunya).

Hampir setiap kata dan bahasa tubuhnya mampu mengundang tawa Ya, Tukul adalah seorang entertainer sejati, sekaligus komedian sejati. Tak heran jika akhirnya tarif/honor sekali tampilnya bisa sampai puluhan juta rupiah.

Sebagai seorang komedian, Tukul tergolong sangat cepat merespon sesuatu dengan cara/banyolan yang cerdas dan pas. Kemampuan improvisasi lawakan dan komunikasinya bisa dibilang cukup brillian. Termasuk kemampuan blockingnya juga. Selain itu, ia juga punya kemampuan untuk menghargai lawan bicaranya dan memperlakukan mereka layaknya manusia yang butuh perhatian dan penghargaan.

2. Komeng

Berawal dari pelawak spesialis pentas, Komeng kini menjelma menjadi seorang komedian sejati. Ia terbilang sangat laris (banyak job). Mungkin sudah puluhan acara televisi yang melibatkan ia sebagai salah satu pengisi acaranya. Anda mungkin sering menyaksikan Komeng tampil di tv ketika bulan ramadhan, tepatnya saat jam-jam sahur. Untuk saat ini, anda bisa saksikan banyolan khas Komeng di acara Gong Show yang ditayangkan oleh Trans TV.

Sebagai komedian, Komeng tergolong punya ciri khas yang sangat kuat. Apa itu? Tak lain tak bukan adalah celotehan spontannya. Ada juga yang bilang celetukan Ya, celotehan/celetukan Komeng hampir bisa dipastikan akan mengundang gelak tawa. Oya, ada satu lagi keunikan Komeng, yaitu suara sengaunya yang khas ketika berceloteh atau nyeletuk.

Kelebihan lain dari Komeng yaitu terletak pada kemampuan blocking dan improvisasinya yang luar biasa ketika melucu. Dan itu sudah ditunjukkan/dibuktikan olehnya ketika tampil sebagai salah satu peserta dalam acara uji akting tanpa naskah/skenario yang berjudul “Akhirnya Datang Juga” (ditayangkan oleh Trans TV).

Jika akhirnya Komeng masuk deretan kedua Komedian Termahal Indonesia, saya rasa memang sangat layak.

3. Eko Patrio

Beberapa tahun yang lalu ia mungkin cuma dikenal sebagai salah satu anggota grup lawak yang bernama Patrio. Namun secara perlahan, Eko mulai menunjukkan talentanya yang luar biasa sebagai seorang presenter. Tentunya bukan sekedar presenter biasa yang identik dengan formalitas. Eko mampu membuat acara apa pun yang dibawakannya menjadi lebih segar dengan banyolan-banyolan khasnya.

Sudah tak terhitung acara tv yang pernah dipandu oleh Eko saking larisnya ia. Berkali-kali pula ia masuk nominasi sebagai prsenter terfavorit dalam berbagai ajang penghargaan. Puncak popularitasnya mungkin terjadi saat ia (bersama Ruben Onsu) membawakan acara Supermama di Indosiar.

Lalu, apa sih nilai jual atau kelebihan Eko Patrio?
Menurut saya sih terletak pada keluwesannya dalam berinteraksi dengan para audiens dan lawan bicaranya ketika tampil sebagai pembawa acara maupun sebagai pelawak. Selain itu, Eko juga punya gaya banyolan yang sangat khas. Kemampuan improvisasi dan blockingnya juga bagus, sehingga tak pernah/jarang sekali kehabisan ide untuk membuat lelucon segar.

Dari kelebihan-kelebihan tersebut, cukup layak kiranya jika Eko memasang tarif tinggi untuk setiap penampilannya, sehingga masuk jajaran komedian termahal Indonesia urutan ketiga.

4. Parto

Jujur saja, sebenarnya gaya banyolan Parto tidak terlalu istimewa bagi saya. Walau demikian, Parto tetap punya ciri khas sebagai seorang pelawak maupun komedian. Fakta memuktikan ia cukup laris. Namun entah mengapa, banyolan-banyolan Parto seringkali terasa garing dan hambar bagi saya. Ia masih terlalu mengandalkan gaya banyolan lamanya. Spontanitas dan kemampuan blockingnya juga masih kurang. Kalaupun akhirnya ia masuk deretan komedian termahal Indonesia, saya kira Parto harus lebih kreatif dan berupaya keras menemukan ciri khas yang pas buatnya.

5. Olga Syahputa

Ini dia komedian yang sedang naik daun saat ini. Tahun 2009 seakan menjadi tahun puncak popularitas lelaki yang rada kemayu ini. Kiprahnya di dunia entertain mungkin masih terbilang baru. Namun dengan keunikan yang dimilikinya, Olga mampu mencuri hati para produser acara tv dari berbagai stasiun tv untuk menggunakan jasanya (melibatkan ia) sebagai salah satu pengisi acara. Dan bahkan sebagai pemandu acara (seperti pada acara komedi sahur bersama Komeng dan Adul, Ceriwis, Akhirnya Datang Juga, dan yang paling hot saat ini yaitu Dahsyat). Mungkin sudah tak terhitung jumlah acara tv yang pernah diikuti oleh Olga (saking larisnya ia).

Jujur saja, setahun yang lalu saya lihat Olga masih belum menemukan gaya banyolan dan ciri khasnya. Waktu itu Olga masih rada kaku dan suka kebingungan (kehabisan kata-kata atau ide lelucon) saat tampil mengisi acara di tv. Namun seiring bertambahnya jam terbang dan pengalaman, Olga terlihat makin luwes dan makin mahir membanyol.

Puncaknya adalah saat ini. Olga terlihat makin profesional dan layak dikategorikan sebagai salah satu komedian paling bersinar di tahun 2009 (termasuk di tahun 2008 kemarin). Ia sudah menemukan karakter yang sesuai dengan dirinya. Bahasa gampangnya, udah jadi gitu deh…hehehe. Banyolan-banyolannya pun makin segar dan hampir bisa dipastikan bakalan mengundang gelak tawa.

 
Kategori:fakta unik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: