Beranda > Budaya Jepang > C H I N D O G U

C H I N D O G U


Apa itu Chindogu ?

Chindogu berasal dari kata Chin (langka) dan Dōgu (alat), jadi terjemahan bebasnya kurang lebih, suatu alat yang langka, unik dan tidak biasa ditemukan. Alat umumnya berarti suatu benda yang memudahkan kita dalam bekerja dan langka umumnya selalu berharga, namun Chindogu adalah perkecualiannya. Alih alih membuat mudah, justru Chindogu membuat repot pemiliknya.
Istilah ini dipopulerkan pertama kali oleh Kenji Kawakami, seorang penemu, tokoh dan master Chindogu yang sangat kreatif. Puluhan ribu barang ajaib dan langka yang berhasil dibuatnya namun hampir semuanya adalah useless alias tidak berguna. Namun walaupun penemuannya menjadi bahan tertawaan banyak orang, sama sekali tidak mengendorkan semangat tokoh ini untuk berkarya. Kerja kerasnya sepertinya membuahkan hasil.
Tahun 1995, Kawakami berkoaborasi dengan sebuah penerbit dan berhasil merilis sebuah buku berbahasa Inggris berjudul 101 Unuseless Japanese Inventions: The Art of Chindogu. Buku ini sukses di Jepang, terjual jutaan copy serta diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa asing lainnya. Sejak saat itulah Chindogu dan sang tokoh mulai dikenal di seluruh dunia. Sejak itu, sejumlah media baik dalam dan luar negeri mulai meliputnya dan secara rutin berkunjung ke rumah yang sekaligus merangkap sebagai bengkel tokoh ini untuk melihat alat penemuan barunya.
Chindogu adalah sebuah fenomena. Di satu sisi kehadirannya dianggap tidak lebih dari penemuan dagelan murahan semata yang dibuat oleh orang sinting dan kurang kerjaan. Namun disisi lain khususnya bagi orang asing, dinggap sebagai suatu seni dan bagian dari budaya Jepang. Sebagian besar buku asing menyebutnya sebagai Unuseless Japanese Inventions, dan sebagian lagi memberi nama The Art of Chindogu.
Menurut saya sepertinya Chindogu telah mengajarkan beberapa hal penting, pantang menyerah, terus berpikir serta tidak berhenti berkreasi walaupun dengan hasil yang kecil. Walaupun penemuan Chindogu adalah tidak berguna dan mustahil untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, setidaknya karyanya telah menghibur jutaan orang di berbagai belahan dunia.
Sedikit pemahaman budaya adalah penting.

Sebagian besar dari penemuan Chindogu adalah sangat sederhana dan mudah untuk dipahami kegunaannya hanya dengan melihat gambarnya saja. Namun sebagian lagi mungkin membingungkan atau tidak Anda mengerti dimana letak lucunya. Jadi untuk memahaminya kadang Anda memerlukan sedikit pengetahuan tentang budaya mereka. Contohnya adalah pada foto di samping.
Hampir semua rumah di Jepang umumnya lantainya terbuat dari kayu atau tikar rumput. Jadi agar tidak kotor, saat memasuki rumah, sepatu harus dilepas dan ditaruh di depan pintu dengan rapi dan ujung sepatu atau sandal harus menghadap ke luar.
Tujuannya selain agar terlihat lebih rapi, juga agar memudahkan memakainya saat keluar rumah. Bagi sebagian orang yang tidak mau repot karena selalu harus membungkuk dan merapikan arah sepatu maka diciptakanlah sepatu serba guna seperti gambar di samping.
Selamat menikmati. [oketo] [2010, 10, 10] Referensi dan sumber image, sebagian besar adalah diambil (di-scan ) dari Buku Chindogu versi awal atau dikenal juga dengan nama Classic Chindogu. Image foto yang lebih lengkap silakan di lihat disini , sedangkan untuk video liputan televisi Jepang (bhs Jepang) bisa dilihat disini.
Anda adalah orang berkepala licin alias botak ? Kepercayaan diri Anda hilang setiap kali bercermin. Anda tidak semangat keluar rumah dengan kondisi tersebut ?
Jangan khawatir, ada cara untuk mengembalikan rasa percaya diri tersebut. Pakailah alat ini setiap kali anda bercermin atau beberapa saat sebelum keluar rumah. Dijamin kepercayaan diri anda akan pulih kembali . . .
bagaimana jika tiba-tiba hujan deras tejadi pada saat anda pulang kantor. tenang saja dengan dasi ini semua bisa diatasi. Dasi sekaligus payung.
Bagi orang tertentu, menggaruk punggung disaat gatal bukanlah pekerjaan ringan. Tangan biasanya susah dilipat kebelakang, jadi memerlukan orang lain untuk menggaruknnya. Tentu saja karena bukan punggung sendiri tentu si penggaruk tidak akan tahu letak bagian yang gatal. Nah, dengan T-shirt ajaib ini semua masalah tersebut akan terpecahkan dengan mudah.
Kategori:Budaya Jepang
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: