Beranda > fakta unik > 5 Mitos yang Tidak Benar Mengenai Mata

5 Mitos yang Tidak Benar Mengenai Mata

Berbeda dengan kepercayaan sebagian besar orang, menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar televisi atau komputer, atau membaca pada keadaan penerangan yang redup sebenarnya sama sekali tidak menyebabkan kondisi medis yang berbahaya bagi mata, meskipun kebiasaan tersebut sebaiknya juga dihindari karena dapat membuat mata mengalami kelelahan lebih cepat dari biasanya. Selain itu, wortel yang selama ini dianggap sebagai sayuran “pengobat mata” ternyata tidak memiliki khasiat yang terbukti untuk mengobati rabun pada mata. Berikut beberapa mitos yang beredar luas yang berkaitan dengan mata beserta fakta sebenarnya yang mementahkan mitos tersebut.

 1. Mitos: Melakukan senam mata akan menunda kebutuhan anda untuk memakai kacamata.

 Fakta: Senam Mata tidak akan meningkatkan atau mempertahankan penglihatan atau mengurangi kebutuhan untuk penggunaan kacamata. Daya penglihatan anda tergantung pada banyak faktor, termasuk bentuk mata anda dan kesehatan jaringan mata, tidak ada yang dapat diubah secara signifikan dengan hanya melakukan senam mata saja.

2. Mitos: Membaca dengan lampu yang redup akan memperburuk penglihatan anda.

Fakta: Meskipun pencahayaan redup tidak akan mempengaruhi penglihatan anda, hal ini dapat membuat mata anda menjadi lebih cepat lelah. Cara terbaik untuk memposisikan lampu membaca anda adalah dengan mengarahkan sinarnya secara langsung ke halaman yang sedang anda baca, dan bukannya mengarahkan sinar melewati bahu seperti yang banyak orang lakukan. Karena cahaya yang bersinar melewati bahu anda akan menyebabkan silau pada mata, sehingga lebih sulit untuk melihat bacaan anda. Pilihan terbaik adalah dengan menggunakan sebuah lampu meja dengan warna buram yang mengarah langsung pada bacaan anda.

3. Mitos: Mengkonsumsi wortel baik untuk mata.

Fakta: Ada beberapa kebenaran dalam mitos yang satu ini. Wortel, yang mengandung vitamin A, adalah salah satu sayuran dari beberapa jenis sayur mayur yang baik untuk mata. Tetapi buah-buahan segar dan sayuran dengan daun hijau, yang mengandung vitamin antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang lebih banyak, sebenarnya lebih baik lagi bagi mata dibanding wortel. Vitamin antioksidan dapat membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak. Tetapi mengkonsumsi sayuran atau suplemen yang mengandung vitamin atau zat-zat ini sama sekali tidak akan mencegah atau memperbaiki masalah penglihatan dasar seperti rabun jauh atau rabun dekat.

4. Mitos: Lebih baik untuk tidak memakai kacamata sepanjang waktu dan sebaiknya melepaskan kacamata atau lensa kontak agar mata anda dapat beristirahat.

Fakta: Jika anda perlu kacamata untuk membaca atau melihat jarak jauh, maka gunakanlah mereka. Mencoba untuk membaca tanpa kacamata baca hanya akan menegangkan otot mata anda dan akhirnya membuat mata kelelahan. Sementara menggunakan kacamata tidak akan memperburuk penglihatan anda atau mengarah pada penyakit mata.

5. Mitos: Menatap layar komputer sepanjang hari tidak baik untuk mata.

Fakta: Meskipun menggunakan komputer tidak akan membahayakan mata, menatap layar komputer sepanjang hari akan memberikan kontribusi terhadap kelelahan mata. Sesuaikan pencahayaan sehingga tidak membuat mata anda silau. Jadi, ketika anda bekerja dengan komputer atau melakukan pekerjaan jarak dekat lainnya seperti membaca atau menyulam, sebaiknya anda mengistirahatkan mata anda sebentar setiap jam untuk mengurangi kelelahan mata. Selain itu, orang-orang yang menatap layar komputer dalam waktu lama cenderung tidak berkedip sesering seperti biasanya, yang dapat menyebabkan mata terasa kering dan tidak nyaman. Oleh karena itu anda sebaiknya juga membuat usaha sadar untuk berkedip secara teratur agar mata tetap dibasahi oleh air mata dengan baik dan tidak mengering.  

Kategori:fakta unik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: